Kota Ikan Muncar Banyuwangi

Ikan Mola-mola Ikan yang luar biasa

ikan mola mola nusa penida

Luar biasa, Ikan Raksasa ini sangat Unik,nggak seperti ikan pada umumnya, mola-mola nyaris nggak punya sirip ekor. Tapi, ikan bertulang paling besar ini punya sirip menyambung dari atas sampai ke bagian bawah perut yang disebut calvus. Jadi, kalau ikan pada umumnya punya sirip di samping kiri kanan, mola-mola justru punya sirip di atas dan bawah. Sayangnya, sirip seperti ini didukung dengan bentuk badannya yang bulat dan pipih, membuat pergerakan mola-mola cenderung lambat dan nggak bisa melawan arus, dan sering kali tersangkut di baling-baling kapal

ikan mola mola lucu tubuhnya gede

Merupakan hewan laut yang fenomenal dan menjadi icon bagi dunia bawah laut Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Ikan mola-mola "oceanic sunfish" Bentuknya yang unik, besar di bagian kepala dengan mata jenaka dan dua sirip yang menjulang seperti tanpa ekor sangat menarik bagi para penyelam. Terlebih ketika mola-mola mendongakan kepalanya dan merentangkan kedua siripnya seperti layaknya sedang melakukan tarian penyambutan bagi para penyelam.

kerap muncul di perairan nusa penida

Ikan Mola-mola kerap muncul di perairan Nusa Penida sekitar bulan Juni sampai Oktober setiap tahunnya. Dua titik penyelaman favorit dimana ikan mola-mola biasa dijumpai yaitu Blue Corner dan Crystal Bay. Sering mola-mola dijumpai bergerombol 2 sampai 8 ekor. Namun beberapa penyelam mengatakan bahwa mereka juga sesekali melihat mola-mola di titik penyelaman yang lain pada bulan Desember atau Januari.

Ikan Mola Mola termasuk jenis pelagics yang hidup diperairan dalam, sampai sekitar maksimal 600 meter. Ikan ini adalah jenis yang hidup di lautan tropis dan temperate–antara katulistiwa dan lingkar kutub. Ia hidup di temperature 10 derajat celcius ke atas. Sifat lainnya adalah kebiasaan melakukan cleaning station di permukaan air.Ini merupakan cara ia mencari makan, dengan mengkonsumsi plankton dan sekaligus menghangatkan tubuhnya dengan sinar matahari.Sebagian para ahli memprediksi, ini cara mereka men’charge’ tubuhnya sebelum menyelam di kedalaman yang dingin

Pemerintah akan mendaftarkan ikan mola-mola yang populasinya berada di Perairan Nusa Penida, Bali agar masuk dalam daftar hewan laut yang dilindungi.Hal ini disampaikan Direktur Pengelolahan Kawasan Pesisir Coral Triangle Center (CTC), Marten Welly saat ditemui di Grand Santi Hotel Denpasar, Selasa 28 Februari 2012.Diterangkan Welly, meski ikan mola-mola muncul di berbagai belahan dunia, hasil penelitian menunjukkan, yang ada di Perairan Nusa Penida memiliki keunikan tersendiri.

Unik karena kemunculannya ke permukaan air bisa diprediksi. Ikan mola-mola, sambungnya, akan muncul ke permukaan pada bulan Juli hingga September tiap tahunnya. “Keunikan ikan itu bisa membawa berkah, karena pada saat itu banyak wisatawan mancanegara yang ingin melihat langsung kemunculan ikan tersebut. Secara ekonomi, keberadaan ikan-ikan itu sangat menguntungkan Bali,” jelas Welly.

Apalagi, dia menambahkan, populasi mola-mola di dunia sudah makin langka. “Proteksi yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan laut dan pesisir dari berbagai pencemaran. Apalagi, perairan Nusa Penida juga sudah final ditetapkan sebagai kawasan konservasi perairan (KKP),” tutur Kepala Bidang Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ni Nyoman Ayu Andriani.

Untuk itu, kata Ayu, pemerintah akan mengatur pola tingkah laku wisatawan yang datang ke Nusa Penida untuk melihat ikan mola-mola agar jangan terlalu banyak, menyelam jangan terlalu dekat, serta tidak mengganggu ritme ikan mola-mola selama kemunculannya di atas permukaan laut. "Ikan tersebut dijaga agar jangan sampai stres dan kemudian pindah dari Perairan Nusa Penida," ujarnya.

Ayu mengaku pihaknya akan melakukan proteksi ketat agar populasi ikan langka itu tak punah. Berdasarkan data CTC, kawasan kemunculan ikan mola-mola di perairan Nusa Penida seluas 1.500 hektar dari total kawasan konservasi perairan seluas 2.000 hektar. Ikan-ikan itu, berdasarkan survei CTC, sering muncul di lima titik

Video Ikan Mola Mola Nusa Penida Bali :

kutip  dari : nasional.news.viva.co.id dan berbagai sumber
Demikian artikel dari Anak Nelayan tentang Ikan Mola-mola Ikan yang luar biasa , semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, Terima kasih atas kunjungan anda


Tag : ikan
Back To Top